Upaya Peningkatan GERMAS dan Sosialisasi Survei Mawas Diri

Posted at : 18 Jul 2022

Puskesmas Karangmulya Kabupaten Garut melakukan kegiatan Upaya Peningkatan GERMAS dan Sosialisasi Survei Mawas Diri (SMD) Rabu, 29 Juni 2022 di Aula Kantor Desa Mekarsari dihadiri oleh pihak Kelurahan Desa Mekarsari, Kepala Puskesmas Karangmulya, Kepala Tata Usaha Puskesmas Karangmulya, Pemegang Program Promkes, Pemegang Program KesLing, Bidan Desa Mekarsari, dan Perwakilan Kader Desa Mekarsari.

Kegiatan ini juga telah dilakukan di empat tempat lainnya yaitu Desa Jatisari, Kelurahan Sucikaler, Kelurahan Karangmulya dan Kelurahan Lengkong Jaya. 

Survei mawas diri adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. adapun instrumen SMD dibuat oleh Kepala Puskesmas sesuai masalah yang dihadapi dan masalah yang akan ditanggulangi puskesmas. 

Adapun tujuan dari survei ini yaitu masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di daerahnya dalam rangka menyiapkan desa siaga. selain itu juga agar timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada didaerahnya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan. 

Setelah dilakukan sosialisasi ini diharapkan kader dapat mengumpulkan data-data sesuai yang ada dalam survei tersebut, sehingga selanjutnya dapat di lakukan analisis masalah oleh puskesmas untuk mengetahui prioritas masalah yang akan diatasi terlebih dahulu dan sebagai bahan acuan untuk dilakukan intervensi kedepannya. 

Kegiatan Sosialisasi SMD Desa Mekarsari

There are currently no posts.